Senin, 22 Juli 2019

5 Manfaat Jus Mengkudu, Kaya Antioksidan Hingga Jaga Imunitas

 Jus mengkudu merupakan minuman tropis yang berasal dari buah pohon Morinda citrifolia. Pohon ini tumbuh di antara ajaran lava di Asia Tenggara, khususnya di Polinesia.

5 Manfaat Jus Mengkudu, Kaya Antioksidan Hingga Jaga Imunitas

Mengkudu alias dalam bahasa Inggris dikenal dengan Noni merupakan buah kental berkapasitas sebesar mangga yang berwarna kuning ketika matang. buah ini sangat pahit dan mempunyai aroma yang terkadang tak jarang disamakan dengan keju yang berbau busuk.

Orang-orang Polinesia sudah memakai mengkudu dalam pengobatan tradisional selagi lebih dari 2.000 tahun. Mengkudu biasa dipakai untuk mengobati persoalan kesehatan semacam sembelit, infeksi, nyeri, dan radang sendi.

Saat ini, mengkudu sebagian besar dikonsumsi sebagai campuran jus. Jus ini dikemas dengan antioksidan kuat dan bisa memberbagi berbagai kegunaaan kesehatan. Dengan cara umum, jus noni menyediakan sumber vitamin C, biotin, dan folat.

Meski pahit, mengkudu mempunyai khasiat menarik bagi kesehatan. Untuk memperoleh kegunaaan mengkudu, Kamu bisa mengolahnya menjadi jus dan diminum dengan cara selalu. Berikut kegunaaan jus mengkudu bagi kesehatan yang sukses Liputan6.com lansir dari Healthline Senin (1/4/2019)

Dapat mengurangi kerusakan sel akibat asap tembakau
Jus mengkudud bisa mengurangi kerusakan sel khususnya yang dihasilkan dari asap tembakau. Paparan asap tembakau menghasilkan jumlah radikal leluasa yang berbahaya. Jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksidatif dikaitkan dengan tak sedikit penyakit, tergolong penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan bisa mengurangi stres oksidatif.

Dalam suatu  penelitian, perokok berat tembakau diberbagi 4 ons (118 ml) jus mengkudu per hari. Seusai 1 bulan, mereka mengalami pengurangan 30% dari dua radikal leluasa yang umum dibandingkan dengan tingkat dasar mereka.

Asap tembakau juga diketahui menyebabkan kanker. Bahan kimia tertentu dari asap tembakau bisa mengikat sel-sel dalam tubuh Kamu dan menyebabkan pertumbuhan tumor.

Jus mengkudu bisa mengurangi kadar zat kimia penyebab kanker ini. Dua uji klinis menemukan bahwa meminum 4 ons (118 ml) jus noni setiap hari selagi 1 bulan mengurangi tingkat bahan kimia penyebab kanker pada perokok tembakau kurang lebih 45%.

Tetapi, jus mengkudu tak meniadakan semua akibat kesehatan negatif akibat merokok. Jadi yang terbaik merupakan menghentikan kebiasaan mereokok.

Dapat mendukung kesehatan jantung
Jus mengkudu bisa mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Kolesterol mempunyai tak sedikit kegunaaan penting dalam tubuh Anda, tetapi tipe tertentu yang berlebihan bisa menambah risiko penyakit jantung - semacam peradangan kronis.

Satu studi menemukan bahwa minum sampai 6,8 ons (188 ml) jus mengkudu per hari selagi 1 bulan dengan cara signifikan mengurangi kolesterol total, kadar kolesterol LDL (kurang baik), dan penanda darah inflamasi C-reactive protein.

Tetapi, subjek penelitian tersebut merupakan pada perokok berat, jadi hasilnya tak bisa digeneralisasi untuk semua orang. Para peneliti menduga bahwa antioksidan jus mengkudu bisa mengurangi kadar kolesterol tinggi yang dikarenakan oleh merokok tembakau.

Sebuah studi terpisah, dalam 30 hari perokok diberbagi 2 ons (59 ml) jus noni dua kali sehari. Peserta tak mengalami perubahan signifikan dalam kadar kolesterol.

Hasil ini menunjukkan bahwa efek penurun kolesterol dari jus mengkudu hanya berlaku untuk perokok berat. Sebab itu, diperlukan lebih tak sedikit penelitian mengenai jus mengkudu dan kolesterol.

Dapat menambah daya tahan fisik
Jus mengkudu bisa menambah daya tahan fisik. Faktanya, warga Kepulauan Pasifik percaya bahwa memakan buah mengkudu memperkuat tubuh selagi perjalanan melaut yang panjang.

Berbagai penelitian menunjukkan efek positif dari minum jus mengkudu selagi berolahraga. Sebagai contoh, satu studi 3 minggu memberi pelari jarak jauh 3,4 ons (100 ml) jus mengkudu dua kali sehari. Kelompok yang minum jus mengkudu mengalami peningkatan 21% dalam rata-rata waktu kelelahan, yang menunjukkan peningkatan daya tahan.

Penelitian pada manusia dan fauna lainnya mengabarkan temuan serupa untuk memakai jus mengkudu untuk memerangi kelelahan dan menambah daya tahan fisik.

Peningkatan daya tahan fisik yang terkait dengan jus mengkudu kemungkinan terkait dengan antioksidannya yang bisa mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selagi aktivitas fisik.

Mengurangi rasa sakit pada penderita radang sendi
Selama lebih dari 2.000 tahun, buah mengkudu sudah dipakai dalam pengobatan tradisional untuk efek penghilang rasa sakitnya. Berbagai penelitian kini mendukung kegunaaan ini.

Umpama, dalam studi 1 bulan, orang dengan artritis degeneratif pada tulang belakang mengonsumsi 0,5 ons (15 ml) jus mengkudu dua kali sehari. Kelompok yang minum jus mengkudu mengabarkan skor rasa sakit yang dengan cara signifikan lebih rendah dengan pengurangan total nyeri leher pada 60% peserta.

Dalam penelitian serupa, penderita osteoartritis mengonsumsi 3 ons jus mengkudu (89 ml) setiap hari. Seusai 90 hari, mereka mengalami penurunan frekuensi dan keparahan nyeri artritis yang signifikan, dan peningkatan nilai nasib.

Nyeri artritis alias radang sendi tak jarang dikaitkan dengan peningkatan peradangan dan stres oksidatif. Oleh sebab itu, jus mengkudu bisa memberbagi pereda nyeri alamiah dengan mengurangi peradangan dan memerangi radikal bebas.

Menambah kekebalan tubuh
Jus mengkudu bisa mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Semacam berbagai jus buah lainnya, jus ini kaya bakal vitamin C. Umpama, 3,5 ons (100 ml) Jus Mengkudu Tahitian mengemas kurang lebih 33% RDI untuk vitamin ini.

Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh Kamu dengan melindungi sel-sel Kamu dari kerusakan akibat radikal leluasa dan racun lingkungan.

Tidak sedikit antioksidan lain yang terkandung dalam jus mengkudu semacam beta karoten yang juga bisa menambah kesehatan kekebalan tubuh. Satu studi kecil, 8 minggu menemukan bahwa orang sehat yang minum 11 ons (330 ml) jus mengkudu setiap hari sudah menambah aktivitas sel kekebalan dan menurunkan tingkat stres oksidatif.