Selasa, 23 April 2019

13 Jenis Anggrek nan Indah dan Cantik

Family anggrek, Orchidaceae, mungkin merupakan family tanaman berbunga paling besar di dunia. Dengan lebih dari 20.000 spesies dalam lebih dari 700 genera, anggrek bisa ditemukan di setiap benua kecuali Antartika, beberapa bahkan tumbuh di dalam Lingkaran Arktik. Terkait dengan tanaman semacam bunga lili, tak sedikit anggrek merupakan epifit, yang berarti mereka tumbuh pada tanaman lain.

13 Jenis Anggrek nan Indah dan Cantik

Jenis lain dari anggrek disebut anggrek terestrial. Anggrek ini tumbuh di tanah. Beberapa bisa tumbuh di bebatuan juga, yang dikenal sebagai anggrek lithophyte. Di alam liar, sering untuk menonton salah satu tipe anggrek tumbuh di pohon, dan di dekatnya ada tipe lain berkembang di atas batu. Mari kami lihat suatu  galeri dari beberapa anggrek yang indah dari seluruh dunia.

1. Cymbidium 
Cymbidium merupakan genus evergreen terdiri lebih dari 50 spesies, yang bisa ditemukan di Asia dan Australia. Mudah tumbuh, dan tepat sebagai tanaman hias dan terkesan cantik semacam korsase. Bunga-bunga indah dengan tekstur lilin tebal dan lima kelopak, mereka datang dalam beberapa warna - hijau, putih, krem??, coklat, pink dan merah. Paling tepat untuk kondisi dingin dan elevasi yang tinggi, beberapa spesies Dwarf Cymbidium sudah tumbuh selagi beratus-ratus tahun di Cina dan Jepang.

1. Anguloa 
Anguloa juga dikenal sebagai anggrek tulip, sebab kemiripannya. Anguloa ada dalam beberapa warna, dari oranye gelap ke kuning cerah dan putih. Bunga-bunga anggrek ini mempunyai bau yang kuat semacam kayu manis. Berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, anggrek ini sudah tak sedikit dibudidayakan oleh semua penggemar dari genus yang hebat ini. Meskipun mereka tak terkenal sebagai tanaman pot di luar negara asal mereka, mereka bisa terkesan tumbuh di kotak jendela dan di teras.

3. Cattleya 
Cattleyas mempunyai rhizoma tebal yang merayap, dan bunga-bunga anggrek yang indah ini berkembang seakan meledak keluar dari selubung mereka. Kami bisa dengan mudah mengetahuii mereka sebagai tanaman yang menghasilkan bunga yang sangat harum dengan tekstur kristal berkilauan, dalam beberapa warna. Cattleyas sudah dijunjung tinggi oleh penggemar anggrek sejak zaman Victoria. Didistribusikan di seluruh tropis amerika Tengah dan Amerika Selatan, hibrida Cattleya juga menghasilkan bunga-bunga anggrek yang besar.

4. Vanda 
Vanda sangatlah anggrek tropis dan dengan cara luas dibudidayakan di Asia (tidak sedikit Thailand, Malaysia dan Singapura) dan di Florida di Amerika Serikat. Anggrek ini merupakan anggrek high-light dengan akar besar yang lebih memilih untuk melebarkan keluar di udara. Duri-duri bunga anggrek melengkung keluar dari batang dan kemudian tumbuh tegak, berjajar dengan bunga mencolok dengan sepal berbentuk sendok.

5. Laelia
Anda bakal menemukan kelopak, sepal dan bibir bunga Laelia sangat mirip dengan Cattleya. Spesies Laelia mudah untuk dikenali, sebagai bunga flamboyan khas mereka jarang tunggal dan membentuk bibir yg berjumbai megah. Kurang lebih 50 alias lebih spesies ditemukan di wilayah yang luas dari amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Sanggup tumbuh di pohon dan batu, spesies ini sangat terkenal untuk toleransi mereka kepada suhu ekstrem.

6. Dendrobium 
Genus Dendrobium mempunyai anak buah paling besar kedua dari keluarga anggrek, seusai Bulbophyllums, dengan lebih dari 1000 spesies, dengan cara luas terdistribusikan di Australia, Asia, pulau pulau Pasifik barat daya dan bahkan Selandia Baru. Sebab luasnya daerah geografis mereka, susah untuk menggeneralisasi struktur bunga mereka. Salah satu fitur umum merupakan penampilan yang semacam timun, dengan daun bengkak. Tanaman ini tak lebih membutuhkan air selagi musim dingin dan wajib disimpan lumayan kering selagi musim dingin.

7. Phalaenpilihans
Juga dikenal sebagai anggrek Ngengat, Phalaenpilihans merupakan anggrek yang paling terkenal untuk rumah. Anggrek ini tak hanya menyukai kehangatan pemanas ruangan, namun juga tumbuh subur di suhu ruang. Sangat mudah untuk tumbuh, bunga yang harum, datang dalam hampir semua warna dan keragaman pola. Biasanya cabang batang bunga bisa mengangkut hingga 100 bunga.

8. Brassia 
Brassias merupakan anggrek yang berbentuk aneh yang mencakup lebih dari 30 spesies, berasal dari daerah tropis di dataran tinggi di Amerika. Mudah untuk dibudidayakan, tanaman ini sering disebut 'anggrek laba-laba', sebab, kelopak dan sepal yang sangat panjang tipis. Setiap batang bunga mengangkat 6-12 bunga besar berbentuk bintang yang awet.

9. Stanhopea 
Sangat sedikit Anggrek yang eye-catching melebihi Stanhopeas, anggrek yang mempunyai keajaiban tampilan evolusioner. Tanaman ini berkluster menjadi tanaman besar yang mekar sangat harum dan sangat aneh di musim panas. Bunga Stanhopea yang sangatlah luar biasa, nasibnya pendek dan harumnya lumayan kuat untuk hebat lebah.

10. Oncidium 
Bersaudara dekat dengan Brassia, spesies Oncidium dan hibrida mereka sangat tepat untuk iklim sedang dan hangat. Umumnya dikenal sebagai 'Dancing Lady', ini merupakan genus yang besar dan sangat bervariasi dengan lebih dari 400 spesies di seluruh dunia. Oncidiums lebih menikmati kompos terbuka yang lembab daripada air.

11. Miltonia 
Miltonia dikenal sebagai tanaman yang lumayan mudah beradaptasi. Kadang-kadang spesies Miltonia direkomendasikan sebagai tanaman untuk pemula. Mereka  merupakan anggrek berkapasitas medium, berdaun, berkelopak dan sepal yang runcing dengan bibir besar. Tepat untuk pot dan keranjang, bunga tanaman ini berbentuk bintang dan datang dalam beberapa warna ungu, pink, putih dan pucat-kuning.

12. Zygopetalum 
Zygopetalums merupakan tanaman yang kuat, berdaun hijau sempit. Mereka berbunga sepanjang tahun dan bunga harum mereka datang dalam warna hijau zaitun ungu dan kaya. Hibrida intergeneric lain datang dalam nuansa cokelat, pink, ungu dan juga khaki. Zygopetalums berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Mereka bisa tumbuh dengan Cymbidiums, dalam pot yang sama.

13. Bulbophyllum 
Anggota paling besar dari keluarga anggrek, genus Bulbophyllum berisi salah satu dari kumpulan yang paling hebat dari bentuk bunga aneh dan indah yang ditemukan di alam. Mereka tak sedikit tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Beberapa spesies diserbuki oleh lalat dan berbau daging busuk. Tanaman ini juga berbau amis saat terbuka penuh.

Bunga anggrek datang dalam beragam bentuk, ukuran, warna dan wewangian. Beberapa halus-bergaris, terang belang-belang alias ber bintik tebal. Setiap spesies memamerkan pola megah yang rumit.

Dalam beberapa tahun terbaru, perubahan iklim, kerusakan habitat dan gangguan manusia sudah tak sedikit memberbagi kontribusi kepada penurunan anggrek. Dengan punahnya spesies tertentu kami wajib belajar untuk tak mengganggu habitat alamiah mereka sebab anggrek sangatlah tak sama.